Rabu, 22 Februari 2012

sistem kesehatan jerman


BAB I
PENDAHULUAN

Pembiayaan kesehatan yang kuat, stabil dan berkesinambungan memegang peranan yang amat vital untuk penyelenggaraan pelayanan kesehatan dalam rangka mencapai berbagai tujuan penting dari pembangunan kesehatan di suatu negara diantaranya adalah pemerataan pelayanan kesehatan dan akses pelayanan yang berkualitas. Oleh karena itu reformasi kebijakan kesehatan di suatu negara seyogyanya memberikan fokus penting kepada kebijakan pembiayaan kesehatan untuk menjamin terselenggaranya kecukupan, pemerataan, efisiensi dan efektifitas dari pembiayaan kesehatan itu sendiri.
Perencanaan dan pengaturan pembiayaan kesehatan yang memadai akan menolong pemerintah di suatu negara untuk dapat memobilisasi sumber-sumber pembiayaan kesehatan, mengalokasikannya secara rasional serta menggunakannya secara efisien dan efektif. Kebijakan pembiayaan kesehatan yang mengutamakan pemerataan serta berpihak kepada masyarakat miskin akan mendorong tercapainya akses yang universal. Pada aspek yang lebih luas diyakini bahwa pembiayaan kesehatan mempunyai kontribusi pada perkembangan sosial dan ekonomi. Pelayanan kesehatan itu sendiri pada akhir-akhir ini menjadi amat mahal baik pada negara maju maupun pada negara berkembang. Penggunaan yang berlebihan dari pelayanan kesehatan dengan teknologi tinggi adalah salah satu penyebab utamanya.
Di lingkungan internasional, Jerman tergolong negara dengan pelayanan medis terbaik. Banyaknya rumah sakit, praktek dokter dan institusi kedokteran menjamin pelayanan medis untuk semua orang. Dengan lebih dari empat juta tempat kerja, bidang kesehat­an adalah sektor pekerjaan terbesar di Jerman. Secara keseluruhan 10,4 persen pendapatan nasional bruto dipakai untuk pengeluar­an bagi kesehatan – 1,5 persen lebih banyak daripada pengeluaran rata-rata di negara anggota OECD. Berkat undang-undang peng­urangan biaya, yang termasuk tahap reformasi sistem kesehatan yang telah berjalan, Jerman mencatat kenaikan pengeluaran per kapita untuk kesehatan paling kecil di antara semua negara anggota OECD: Antara tahun 2000 dan 2007, pengeluaran nyata meningkat dengan 1,4 persen per tahun, angka kenaikan rata-rata di OECD adalah 3,7 persen.
BAB II
PEMBAHASAN

A.      Sejarah Perkembangan
Sejarah mencatat jerman sebagai negara pelopor sistem pembayaran kesehatan yang kini berkembang di banyak negara di dunia, yaitu sistem asuransi wajib untuk tiap kelompok kerja atau di lingkungan suatu usaha/perusahaan. Ada tiga kunci kebijakan Jerman di akhir abad ke 19, yaitu setiap pekerja wajib mengikuti program dana sakit, dana yang terkumpul dikelola sendiri oleh kelompoknya dan sumber dana berasal dari pekerja itu sendiri, bukan dari pemerintah (Stierle, 1998).

B.       Sistem Pembayaran Kesehatan
Sistem pembiayaan kesehatan untuk cakupan universal dapat dibagi menjadi tiga kategori  pembayar tunggal (single payer), pembayar ganda (two-tier), dan sistem mandat asuransi. Jerman merupakan salah satu Negara yang menerapkan system pembayaran dengan metode system mandat asuransi, Dalam pelaksanaan mandat asuransi, pemerintah di sejumlah  negara membatasi jumlah perusahaan asuransi. Di beberapa negara lainnya jumlah perusahaan asuransi yang beroperasi tidak dibatasi dan berlangsung dalam mekanisme pasar. Pemerintah melakukan regulasi dan standarisasi, misalnya larangan perusahaan asuransi untuk menolak untuk mengasuransi warga yang telah melangalami penyakit (pre-existing condition).

Jerman menerapkan sistem penyediaan pelayanan kesehatan yang lebih pluralistik, berdasarkan asuransi sosial wajib ataupun asuransi swasta. Tingkat kontribusi asuransi wajib biasanya ditentukan berdasarkan gaji dan pendapatan, dan biasanya didanai oleh perusahaan maupun pekerja penerima manfaat asuransi. Tidak jarang dana kesehatan merupakan campuran antara premi asuransi, kontribusi wajib perusahaan dan pekerja, dan pajak pemerintah. Sistem asuransi ini membayar penyedia pelayanan kesehatan swasta atau pemerintah dengan regulasi tingkat pembayaran. Di Jerman, premi asuransi kesehatan wajib dikelola oleh perusahaan asuransi yang dimiliki bersama oleh masyarakat.

Pada tahun 2007 diputuskan reformasi sistem kesehatan. Bagian pokoknya ialah dana kesehatan sentral. Mulai tahun 2009 semua iuran yang disetor kepada badan asuransi kesehatan wajib, baik oleh karyawan maupun oleh pemberi kerja, disalurkan ke dana tersebut. Jumlahnya ditambah dengan tunjangan dari fiskus. Per peserta, ke-200 lebih asuransi kesehatan wajib yang ada menerima sejumlah uang yang pasti dari dana sentral itu. Badan asuransi kesehatan yang banyak anggotanya adalah orang lanjut usia, penyandang penyakit kronis dan orang berpendapatan rendah mendapat uang tambahan. Pemerintah Federal bertujuan agar badan asuransi dalam jangka panjang menjadi lebih otonom dalam penetapan iuran, dan perbedaan menurut daerah dapat dimungkinkan. Rencana selanjutnya, besar iuran peserta dilepaskan dari tingkat pendapatan, namun akan adanya faktor pengimbang sosial. Supaya biaya pemeliharaan kesehatan sedapat mungkin dipisahkan dari biaya sampingan imbalan kerja, bagian iuran yang dibayar oleh pemberi kerja tidak akan dinaikkan lagi.

Terdapat dua macam asuransi kesehatan, yakni asuransi kesehatan milik negara/umum (Gesetzliche Krankenkasse) dan privat yang dikelola oleh swasta, untuk masyarakat yang mampu disarankan menggunakan asuransi milik swasta. Asuransi kesehatan di Jerman meliputi asuransi perawatan yang satu paket dengan asuransi kesehatan hal itu dimaksudkan sebagai jaminan atau tindakan preventif jika terjadi kecelakaan atau penyakit yang membutuhkan suatu perawatan rutin dan lama.  Dengan sistem asuransi ini pengguna tidak perlu membayar pemeriksaan dokter. Bahkan untuk pelajar dan anak-anak dibawah usia 18 tahun, dikenai aturan pembebasan biaya obat. Bagi para pekerja harus tetap membeli sendiri obat-obatan yang dibutuhkan. Lain halnya jika kita anggota dari asuransi kesehatan privat, kita harus membayar segala biaya pemeriksaan baik dokter ataupun jasa kesehatan lainnya terlebih dahulu, kemudian baru meminta penggantian ke asuransi.

Jika seorang pembayar asuransi memiliki keluarga (anak dan pasangan hidup), jumlah yang harus dibayar tetap sama dengan jika dia seorang diri. Keluarganya ikut dalam asuransinya tanpa perlu membayar lagi, disebutnya mitversichert. Aturan baru kesehatan di Jerman, mulai tahun 2004, anggota keluarga yang mitversichert diharuskan membayar biaya dokter tambahan. Akan tetapi hal ini tidak berlaku bagi anak dibawah 18 tahun.

Sistem pembiayaan kesehatan di Jerman merupakan sistem yang terbaik di dunia namun agaknya dengan berjalannya waktu dan modernisasi teknologi dalam bidang kedokteran membuat biaya perawatan kesehatan menjadi melambung tinggi hal tersebut tentu berakibat buruk pada pengeluaran di bidang kesehatan yang melambung tinggi hingga membuat pemerintah jerman merasa sangat terbebani, baru-baru ini terdapat wacana perubahan atau revolusi sistem kesehatan. Namun revolusi sistem tersebut dapat merugikan masyarakat yang telah bertahun-tahun dimanjakan oleh sistem kesehatan sebelumnya. pemerintah menetapkan bahwa skema baru sistem perawatan kesehatan Jerman terdiri atas kenaikan premium menjadi 15,5 persen pendapatan gaji kotor, padahal per 1 Januari 2010 angkanya berada di 14,9 persen. Kontribusi pembayawan asuransi kesehatan ini diperoleh dari majikan dan staf. Dalam reformasi terdahulu di tahun 2006 dan 2008, besaran kontribusi pun meningkat. Tak cuma itu, para pasien pun akan diwajibkan membuat pembayaran bersama di kantor dokter. Bayaran ini ditentukan oleh perusahaan asuransi, dengan kata lain biaya kesehatan nantinya akan naik dan dibayar oleh si pasien sendiri. Rencana reformasi juga meliputi alokasi anggaran yang diperkecil untuk para dokter, klinik, obat-obatan, dan administrasi. (Republika,2010 )





















DAFTAR PUSTAKA

Stierle, Friedeger. Social health insurance in Germany. Makalah disajikan dalam Seminar Asuransi Kesehatan Nasional, Jakarta, 1998.

http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/internasional/10/09/23/136054-jerman-setujui-reformasi-kesehatan-tidak-populer


Tidak ada komentar:

Posting Komentar